dr. Suraji Mochammad Musa, Sp.OG dr. Suraji Mochammad Musa, Sp.OG
Profil Dokter

Umumnya wanita baru memeriksakan diri ke dokter kandungan saat sudah menikah atau menjalani masa kehamilan. Padahal dokter kandungan tidak hanya berperan menangani persalinan, namun juga seluruh kesehatan organ reproduksi wanita.

Dokter kandungan adalah dokter yang mendalami kesehatan sistem reproduksi wanita. Dokter yang sering juga disebut sebagai dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau disingkat ‘obgin’ inilah yang utamanya berperan dalam membantu memeriksa ibu hamil, membantu persalinan, dan perawatan setelah persalinan. Meski sebenarnya beragam kondisi dan penyakit yang memengaruhi sistem reproduksi wanita juga dapat ditangani oleh dokter kandungan.


Jadwal Praktek Dokter
Shift Hari Jam Praktek

Dilihat sebanyak 328

Tindakan Medis

Beragam Tugas dan Fungsi Dokter Kandungan

SpOG adalah gelar yang disandang oleh dokter kandungan, merupakan kependekan dari Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan).  Anda dapat memeriksakan kesehatan sistem reproduksi maupun kandungan, baik pada SpOG maupun SpOG (K). Di Indonesia, organisasi yang beranggotakan para dokter kandungan bernama Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Apa perbedaan antara obstetrik (kebidanan) dengan ginekologi (kandungan)? Obstetrik (kebidanan) menangani berbagai hal seputar perencanaan kehamilan, kehamilan dan persalinan, termasuk menangani komplikasinya.  Sementara ginekologi adalah perawatan organ reproduksi wanita seperti vagina, rahim, tuba falopi, indung telur, dan leher rahim. Dokter kandungan juga menangani gangguan lain seperti masalah kesuburan, payudara, menopause, keguguran berulang dan penggunaan alat kontrasepsi.

Seorang dokter kandungan berperan membantu pasien menjaga kesehatan dan mendeteksi gangguan seputar organ reproduksi, menjalankan operasi pada organ panggul, menangani penyakit-penyakit pada organ reproduksi, mulai dari infeksi hingga kanker, misalnya kanker serviks. Pada umumnya di seluruh dunia dokter SpOG menangani baik kebidanan maupun kandungan. Meski demikian, ada juga dokter yang memilih untuk fokus dan mendalami lebih lanjut salah satu bidang saja saat praktik.